FUSI Bedah Masjid Jiliid 3

Tidak seperti akhir pekan biasa, pada hari minggu tanggal 1 Desember 2013, jam 7 pagi saya berangkat ke kampus. Bukan untuk kuliah tapi untuk membedah Masjid. Bedah? Ya, sebagai tim Pengabdian Masyarakat FUSI FTUI, saya dan teman-teman akan membedah masjid di dekat stasiun Pondok Cina. Karena keterbatasan persiapan, di kali ketiga program kerja FUSI Bedah Masjid atau biasa disingkat dengan FBM ini, kami hanya membedah sebuah musholla bernama Al-Amin.

Agenda pembedahan kami terdiri dari membersihkan sajadah dari debu, me-laundry sajadah bagian belakang, menyapu, mengepel lantai, menyikat keramik tempat wudhu, dan meninggikan dan mengkeramikkan jalan ke tempat wudhu yang biasa terendam banjir bila hujan deras melanda.

Saya tiba di Musholla jam 8 lebih, telat beberapa menit dari janji jam 8. Abdi dan Iman sudah tiba dan sudah mulai membersihkan musholla. Setelah solat Duha tanpa menunda saya pun mulai membersihkan musholla. Menyenangkan sekali membersihkan sajadah dengan penyedot debu. hehe…

Tak lama, Geza, Andika, Hadi, dan T Ar menyusul. Kemudian pada jam 11, Wina juga datang. Alhamdulillah dengan datangnya mereka, kami semua makin bersemangat. Memang gotong royong bersama-sama lebih seru! Apalagi bapak penjaga musholla dan warga sekitar sangat baik. Mereka turut membantu mengangkut material timbunan dan memberikan makan dan minum.

Satu hal yang saya pelajari adalah, musholla memang harus dibersihkan secara rutin. Baiknya seminggu sekali. Karena saya kaget mendapati sangat banyak debu di balik sajadah. Padahal kekhusyukan kita saat solat pasti dipengaruhi oleh kebersihan tempat solat itu. Kalau bersih dan wangi, tentu kita semakin betah dan mau berlama-lama di tempat ibadah.

Hal lain yang kudapat adalah acara FBM ini tidak sekedar bersih-bersih tapi juga wadah silaturahmi dan mengikat rasa persaudaraan baik antara kami anak FUSI tapi juga antara FUSI dengan warga sekitar kampus. Setiap mengingat rasa persaudaraan antara keluarga FUSI yang semakin erat dari hari ke hari rasanya saya mau menangis. Rasa syukur ini membuncah dan keluar dalam bentuk ucapan terimakasih tak terkira pada Allah SWT.

Ohya, program FBM ini adalah program kerja terakhir dari bidang Pengmas. Semoga program ini dapat terus berlanjut di tahun kepengurusan berikutnya. Tak lupa saya mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya untuk tim pengmas tersayang, Iman, Geza, Arum, Abdi, Andika, dan Fikri. Pengmas bukan apa-apa tanpa kalian. Saya mengucapkan maaf juga atas kekurangan selama ini. Terimakasih sebanyak-banyaknya juga untuk keluarga besar FUSI. Terimakasih telah membuat saya menjadi bagian dari kalian :”)

Terakhir, berikut ini adalah dokumentasi FUSI Bedah Masjid Ketiga ini. Enjoy! dan langkahkanlah kaki kalian ke Musholla Al Amin. Andai musholla ini dapat berbicara tentu dia akan senang sekali mendapati dirinya dipenuhi oleh orang-orang yang beribadah pada Allah SWT.

20131201_124505

20131201_121142

IMG-20131201-WA0004

IMG-20131201-WA0005

IMG-20131201-WA0007

IMG-20131201-WA0008

IMG-20131201-WA0013

IMG-20131203-WA0000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s