Impian Saya untuk Sang Pemulung

Saya tidak tahu kenapa hati saya begitu tertambat pada pemulung.

Saya suka berimajinasi andai mereka diberi lingkungan dengan fasilias pendidikan dan kesehatan yang sama. Tentu mereka tidak memakai baju lusuh tapi kemeja lengkap dengan jas. Tentu mereka tidak menarik gerobak tapi mengendarai mobil. Tentu anak mereka tidak mengemis tapi melanjutkan sekola hingga s2 dan s3 di luar negeri. Tentu mereka tidak berpenghasilan 30 ribu per hari tapi memilki deretan angka nol di rekeningnya.

Saya tidak ingin imajinasi ini tidak sekedar imajinasi. Setidaknya kehidupan penuh prihatin ini jangan terjadi pada anak-anak mereka. Oleh karena itu, saya berimpian membentuk sebuah usaha sosial yang bergerak dalam bidang pengolahan limbah plastik dan memberdayakan pemulung sehingga mereka akan tersenyum karena adanya harapan untuk penghidupan yang lebih baik.

Impian saya lainnya adalah saya mendokumentasikan kisah para pemulung dan menerbitkannya dalam sebuah buku. Saya ingin suara mereka didengar. Saya ingin orang lain mendengar pemikiran mereka. Bagaimana mereka bertahan hidup. Bagaimana mereka mencari uang. Bagaimana mereka menjaga keluarga mereka. Diharapkan buku ini dapat berkontribusi untuk semakin mensejahterahkan mereka.

Bagi para pemulung, saya tahu kecil kemungkinan tulisan ini dibaca oleh kalian, tapi saya akan tetap mengemukakan dengan lantang bahwa saya bangga memiliki kalian di negeri ini. Kalian adalah pahlawan. Tanpa kalian tentu bumi pertiwi ini sudah penuh sampah. Saya hanya manusia biasa yang ingin berbuat sesuatu untuk kalian. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

