Cockscomb, Celosia, An Unfading Love Symbol

plumed-cockscomb-1

“Flower is a God-send of blooming shape of happiness and beauty in life”

Apakah ada yang tahu bunga apa yang menjadi bunga nasional Indonesia? Bunga nasional adalah bunga yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Indonesia memiliki 3 jenis spesies bunga yang menjadi bunga nasional yaitu bunga melati putih, bunga anggrek bulan, dan bunga rafflesia arnoldi. Kita patut bangga dengan bunga-bunga ini. Walau begitu, dalam artikel ini saya akan membahas bunga Cockscomb jenis Celosia. Bunga ini memiliki makna tersendiri dan spesial bagi saya. Sekedar informasi, bunga ini bisa dengan mudah anda temukan di Taman Bunga Nusantara. Hamparan Celosia dengan berbagai warna, hmm, anda bagaikan ada di surga.

celosia

Cockscomb yang dalam bahasa indonesia bernama jengger berbulu ini, mendapatkan namanya dari bahasa Yunani yang berarti terbakar. Bentuk bunganya seperti kemoceng yang lembut dengan warna-warna cerah mencolok sesuai dengan namanya. Uraian bulu bunga yang kering membuat warnanya bertahan lama setelah panen. Warna-warnanya berkisar antara merah marun, kuning, pink, ungu, oranye, dan krem lebut. Tingginya berkisar 8-30 inci. Cockscomb direkomendasikan ditanam pada tanah yang lembab. Sirami Cockscomb pada musim kemarau dengan rutin. Beri pupuk sekali atau dua kali setiap bulan.

Cara menanam Cockscomb adalah dengan mengkondisikan tanah yang lembab tapi tetap terkena sinar matahari. Benih dapat ditabur setelah tanah dalam kondisi hangat terpapar matahari. Pemekaran bunga pertama akan berlangsung selama kurang lebih 8 minggu. Sebaiknya bunga pertama ini dipotong terlebih dahulu untuk mendorong pengembangan cabang samping dan pemekaran bunga kedua.

CelosiaPumosaBP

Cockscomb sangat indah bila dirangkai menjadi rangkaian bunga baik dalam kondisi segar maupun kering. Bila dilihat, bunga ini terlihat lemah tapi sebenarnya kuat dan menawarkan keindahan warna beraneka ragam. Cockscomb adalah bunga yang melambangkan “unfading love”. Ingin sekali bisa menamam bunga ini di pekarangan rumah nanti. Tentunya disandingkan dengan bunga nasional nusantara melati putih dan anggrek bulan. Tidak lupa juga dengan Anthurium dan aglonema yang tak kalah indahnya

images

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s