Asal Nama Titisari

Awalnya saya selalu bertanya-tanya, apa sih Bende Mataram itu? Iya saya tahu Benda Mataram adalah salah satu cerita silat asal Indonesia tapi kenapa kakak saya menggembar-gemborkannya sekali? Bapak sayapun gak kalah heboh. Saya sampai diberikan link blog yang membahas Bende Mataram dengan Legend of Condor Heroes. Oh rupanya setelah saya baca dan cari tahu, ada nama saya di cerita Bende Mataram. Yang bikin lebih kaget lagi, ternyata bapak saya mengambil nama saya dari novel Bende Mataram yang melegenda bagi generasi Bapak. Di zaman Bapak dulu, akan sangat aneh apabila ada anak laki-laki yang tidak tahu Bende Mataram. Mungkin Bapak ingin sekali anak perempuan seperti tokoh Titisari versi novel makanya dengan penuh semangat memberi saya nama yang sama. Saat saya sudah besar, Bapak selalu berkata, karakter saya persis sekali dengan Titisari versi novel yang menjadi pasangan Sangaji sang tokoh utama. Apa berarti jodoh saya nanti akan berkarakter seperti Sangaji? Haha. Siapa yang tahu.

bende mataram
bende mataram, herman pratikto
Seri Novel Bende Mataram

Bende Mataram adalah novel karangan Herman Hertikto. Bende Metaram menjadi salah satu cerita sikat yang melegenda! Cerita berlatar belakang abad ke-19 yang mengetengahkan permusuhan antara pribumi Keraton Yogyakarta melawan penjajah Kompeni Belanda. Sang tokoh utama, Sangaji memiliki saudara angkat bernama Sanjaya. Orangtua keduanya yang dulunya sahabat karib menjadi bercerai-berai akibat perebutan pusaka Bende Mataram dan keris Kyai Tunggulmanik. Berpisah dengan Sanjaya, Sangaji dibesarkan di lingkungan Kompeni Belanda di Jakarta. Sanjaya sendiri dibawa dan diasuh oleh Pangeran Bumigede. Entah bagaimana, cerita bergulir hingga keduanya belajar ilmu silat untuk akhirnya saling beradu 12 tahun kemudian. Sebenarnya ada alasan yang cukup rumit di balik semua itu tapi sayang saya tidak begitu mengerti.
Dalam perjalanannya, Sangaji bertemu dengan Titisari. Titisari dipersonifikasikan sebagai gadis yang cantik, memiliki kecerdasan rata-rata, sedikit liar, dan anak pendekar besar. Saya setuju kalau Bapak saya bilang saya mirip Titisari versi novel, saya memang suka seenaknya dan gak mau begitu saja ikut aturan.

Saya tidak tahu bagaimana akhir kisah Bende Mataram. Yang pasti banyak pembelajaran yang bisa kita ambil dari kisah ini diantaranya mengajarkan nasionalisme yaitu saat Sangaji dihadapkan pilihan bertarung di sisi Kompeni Belanda atau membela tanah airnya. Sangaji akhirnya memilih pulang ke Jawa Barat untuk memimpin Himpunan Sangkuriang. Novel ini juga berisi semangat dan budi pekerti luhur yang terekam dengan baik dari interaksi berbagai tokohnya

Bagaimana akhir kisah Sangaji dan Titisari? Saya harap berakhir bahagia🙂

One thought on “Asal Nama Titisari

  1. hai, nama aku juga titisari, tapi titisari aja, titik ngga pake nama lain. dari dulu aku juga yg kaya, kenapa namaku ini sih, dan ortu ngejelasinnya cuma ‘putri yg baik’ dan ku ngga pernah puas. tenkyu ya mbak titi atas penjelasan ini nya, (aku dari dulu suka nge search arti nama ku juga soalnya) kwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s