Renungan Alquran

Di Semarang ada ustazah yang kalau ngisi taklim 3 kali dalam sehari maka beliau tilawah 3 juz. Kalau ngisi taklim 4 kali dalam sehari ya beliau tilawah 4 juz. Komen singkat dari teman ODOJ 145 ini membuat saya tersentak. Selama ini saya kira kalau waktu sehari dikonversi menjadi 100% maka bila kegiatan duaniawi kita sebesar 80% ya kita mengaji, solat, dan beribadah lainnya dengan total 20%. Kalau hari lagi padat dan sibuk, saya sering menggampangkan dan menganggap, ya Allah SWT pasti mengerti kenapa saya hanya beribadah sebesar 10-5% hari ini. Ternyata logika seperti itu kurang tepat. Kalau berkegiatan 100% ya kitapun harus beribadah 100%. Allah akan mencukupkan waktu kita asalkan kita punya kemauan kuat. Logika saya semakin tersentak juga saat membaca dialog singkat antara Salim A. Fillah dengan Bunda Yoyoh. Berikut petikannya.

Salim A. Fillah bertanya kepada Bunda Yoyoh dan Pak Budi sang suami, “Berapa juz membaca Alquran seharinya?”
Bunda Yoyoh menjawab, “Sangat kurang dibanding apa yang harus kami penuhi selayaknya. Hanya 3 juz. “

Salim A. Fillah menimpali dengan, “Bukankah Pak Budi dan Bunda Yoyoh sibuk sekali, bagaimana bisa menyempatkan sebanyak itu?”

“Justru karena sibuk dan banyak menghadapi persoalan serta begitu beragam manusia, maka HARUS memperbanyak membaca Alquran” jawab Bunda Yoyoh.

Sikap ustazah dan Bunda Yoyoh sungguh memaknai dan mengamalkan firman Allah SWT dalam surat Al-Israa’ ayat 82 yang berartikan “Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” Alquran manjur mengobatkan penyakit hati. Semenjak membaca 2 kisah di atas, saya mulai me-reset ulang pola pikir saya. Wah, terimakasih banyak masih diingatkan. Semangat mengaji! Sesungguhnya hanya ada kebaikan di balik kedekatan kita dengan Alquran

Leave a Reply

