Take a Journey for Our Self Development

Pengembangan diri adalah hal yang terus dilakukan oleh manusia sepanjang hidupnya. Apabila manusia berhenti mengembangkan kapasitas dan kapabilitasnya, layaknya genangan air, ia akan jenuh dan semakin jenuh. Dalam konteks manusia, bisa kita katakan ia mati permanen.

“The aim of life is self-development. To realize one’s nature perfecly – that is what each of us is here for.” –Oscar Wilder–

Start your journey

“The real voyage of discovery consists not in seeking new landscapes but in having new eyes”
–Marcel Proust–

Saya baru saja berdiskusi seru sama teman saya, bagaimanakah cara mengembangkan diri dengan cara paling efektif. Oh rupa-rupanya, pengembangan diri paling efektif adalah dengan menjadi minoritas dalam suatu waktu dan ruang. Contoh sederhana di sekitar kita adalah ikut pertukaran pelajar selama 3 bulan di luar negeri, merantau, mengikuti camp, dan nge-kos. Gerakan di Indonesia yang menerapkan pengembangan diri seperti ini salah satunya adalah Gerakan Indonesia Mengajar. Semakin terasing dan semaking menantang, pengembangan diri akan semakin efektif.

Dalam melakukan perjalanan tersebut, terjadi dua jenis pengembangan diri yaitu inner development and outer development. Inner development adalah di saat terjadi interaksi nilai di daerah tersebut dengan nilai yang kita percayai. Hingga akhirnya terbentuk nilai baru dalam diri kita. Saat kita kembali ke daerah asal kita dan menerapkan nilai baru tersebut, itulah yang kita sebut outer development. Kita melakukan perubahan pada lingkungan kita dengan memaksimalkan outer development yang kita dapatkan di tempat sebelumnya.

Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri perubahan-perubahan yang terjadi pada teman-teman saya yang melakukan perjalanan sebagai minoritas. Saya tahu pasti pada awalnya saat akan melakukan perjalanan, hati kita akan was-was. Tapi, hasil yang kita dapat sangat jauh lebih besar dibanding rasa was-was tersebut. Saya melihat teman-teman saya menjadi pribadi baru yang lebih bersinar. Ada rasa bersahaja dan keteduhan terpancar dari mereka.

“Keep on pushing yourself. Because when we think our hard is enough, we just give 40% of our potential” –Anonymous–

Kita tidak tahu sejauh apa kita bisa berkembang. Jadi kenapa tidak kita coba? Lagipula, manusia adalah salah satu makhluk paling misterius di dunia yang potensinya belum banyak diketahui. Riset sudah banyak dilakukan tapi ternyata semakin banyak riset dilakukan, semakin banyak misteri potensi manusia yang belum terkuak. “We will never know until its done”. Its totally true right? so just start start and start our wonderful journey 

Perjalan dengan ribuan langkah di depan tentu dimulai dengan langkah pertama. So, mari kita mulai melangkah, lakukanlah perjalanan yang akan menginspirasi anda dan orang lain sehingga di saat akhir hidup kita, kita bisa menutup mata tanpa penyesalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s