Tentang IELTS

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. IELTS mengetes kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa inggris. Terdapat dua jenis tes IELTS yaitu Academic Module dan General Training Module. Academic Module diperuntukkan bagi orang yang akan menggunakan hasil tes IELTS untuk mendaftar sekolah. General Training Module diperuntukkan bagi orang yang akan menggunakan tes IELTS untuk keperluan migrasi dan percakapan sehari-hari. Keduanya terbagi menjadi 4 bagian yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Organisasi atau lembaga resmi yang mengadakan tes IELTS adalah University of Cambridge ESOL Exams, The British Council, IDP Education Australia, dan IELTS Australia.

Reading
Bagian reading berlangsung selama 1 jam yang terbagi dalam 3 sesi (3 teks bacaan) dengan total 40 pertanyaan. Terdapat bermacam-macam pertanyaan yaitu pilihan ganda, jawaban singkat, melengkapi kalimat, melengkapi catatan/diagram/rangkuman/flow chart, mengidentifikasi maksud penulis (yes/no/not given), mengidentifikasi informaksi dalam teks (yes/no/not given atau true/false/not given), mengklasifikasikan, dll. Topik tesk bacaan merupakan topik akademik umum. Jenis teks bacaan adalah argumen logis dan terdapat diagram, grafik, atau ilustrasi.

Writing
Bagian writing berlangsung selama 1 jam yang terbagi dalam 2 sesi. Pada sesi 1, kita diminta untuk mendeskripsikan grafik garis, bar chart, pie chart, gambar proses, atau kombinasinya. Deskripsi minimal dituliskan dalam 150 kata. Pada sesi 2, kita diminta untuk menulis esai dengan topik akademik umum minimal 250 kata.

Speaking
Bagian speaking berlangsung selama 15 menit yang terbagi dalam 3 sesi, yaitu
Sesi 1. Pertanyaan yang ditanyakan oleh penguji adalah seputar perkenalan umum tentang informasi pribadi kita. Jenis pertanyaan adalah pertanyaan yang biasa ditanyakan saat bertemu seseorang pertama kali. Selanjutnya penguji akan menanyakan 2 topik tentang general interest. (4-5 menit)
Sesi 2. Sesi ini berlangsung monolog hanya dari sisi kita. Penguji akan memberikan kartu berisi topik dan panduan pertanyaan yang akan diajukan kepada kita. Kita harus berbicara mengenai topik ini selama 2 menit. Setelah menerima kartu, kita mendapatkan waktu 1 menit untuk mempersiapkan diri dengan membuat catatan. Setelah waktu persiapan selesai, kita akan berbicara mengenai topik yang menjawab pertanyaan yang ada dalam kartu. (3-4 menit)
Sesi 3. Penguji akan mengajukan pertanyaan yang masih berkaitan dengan topik di Sesi 2. Pertanyaan dalam sesi 3 ini akan menguji kemampuan kita dalam berpikir kritis (4-5 menit)

Listening
Bagian writing berlangsung selama 40 menit yang terbagi dalam 4 sesi. Setiap sesi terdiri dari 10 pertanyaan. Jenis pertanyaannya adalah pilihan ganda, jawaban singkat, menlengkapi kalimat, dan melengkapi catatan/diagram/flow chart.

Sumber: http://www.ieltshelpnow.com

Saya baru akan mengambil tes IELTS bulan Juli dimana 2 bulan dari sekarang. Saya berusaha mengetes diri saya sendiri dengan belajar dari video-video di Youtube. Menurut saya, belajar lewat video Youtube lebih efektif dan cocok dibanding mengikuti les. Hanya saja, untuk sesi speaking, saya melatih diri bersama teman-teman saya. Belajar dari http://www.ieltshelpnow.com juga sangat membantu. Salam sukses untuk tes IELTS kita. Semoga mendapatkan yang terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s