Jenis Skema Pembiayaan Solar Power Plant

Karena harga yang seyogyanya diperkirakan sudah terjangkau oleh konsumen di daerah pedesaan, ternyata masih saja tidak terjangkau oleh konsumen yang hanya membutuhkan konsumsi energi yang sedikit, penyedia jasa harus memutar otak untuk membuat skema pembiayaan dan pembayaran yang sesuai dengan kemampuan konsumen. Berdasarkan Simpa Networks, terdapat 6 sistem skema pembiayaan sebagai berikut:

1. One-Stop-Shop Model
Pada model ini, produk energi dan sistem keuangan disediakan oleh satu perusahaan. Keuntungannya adalah perusahaan memegang kendali penuh untuk mengontrol keseluruhan proses bisnis. Ketidakuntugannya adalah organisasi harus mengembangkan skill dan keahlian baru agar dapat mengimplementasikan proses bisnis secara efektif.

2. Financial Institution Partnered with Energy Enterprise
Pada model ini, perusahaan energu bekerja sama dengan institusi lokal untuk menjual produk energi. Biasanya model ini melibatkan institusi keuangan menyediakan kredit kepada konsumen dan mengatur pemantauan dan proses pembayaraan dengan perusahaan energi menyediakan produk energi, menginstalasi, menservis, dan memelihara. Keuntungannya adalah kedua organisasi menguasai keahlian masing-masing. Ketidakuntungannya adalah model ini sangat tergantung pada hubungan kerja sama yang baik antara kedua belah pihak.

3. Umbrella Partnership Model
Perusahaan energi bekerja sama dengan institusi swasta yang meminjamkan dana keapda penyedia jasa keuangan lokal yang selanjutnya meminjamkan dana ke pengguna akhir dan mengatur serta memantau proses pembayaran. Perusahaan energi bertanggung jawab menyediakan produk energi, menginstalasi, menservis, dan memelihara. Keuntunannya adalah kedua organisasi menguasai keahlian masing-masing. Ketidakuntungannya adalah model ini sangat tergantung pada hubungan kerja sama yang baik antara kedua belah pihak yang lebih kompleks dibanding model sebelumnya.

4. Franchise/Dealership Model
Perusahaan energi menyediakan kredit atau franchise kepada dealer sehingga memampukan mereka untuk menjual energi kepada klien. Model ini biasa digunakan untuk produk murah seperti solar lanterns, treadle pumps, cook stoves. Keuntungannya adalah caranya yang sederhana sehingga dengan cepat meningkatkan jangkauan pasar. Ketidakuntungannya adalah model ini membutuhkan investasi awal yang cukup besar dan bergantung pada dealers yang bisa mendapatkan konsumen dan mengoleksi pembayaran.

5. Brokering Model
Organisasi/individu pihak ketiga dibayar oleh penyedia jasa dan sistem keuangan dan perusahaan energi untuk memasarkan produk dan menganalisa kemampuan konsumen dalam membayar. Selanjutnya pihak ketiga akan memberikan daftar konsumen yang mampu membayar produk. Pihak ketiga juga terlibat dalam pengoleksian pembayaran produk dan layanan setelah servis. Keuntungannya adalah model ini sederhana dan cepat meningkatkan jangkauan pasar dan pihak ketiga baru dibayar setelah produk terjual. Ketidakuntungannya adalah model ini bergantung pada pihak ketiga yang dapat memasarkan produk dan mendapatkan konsumen potensial.

6. Pay-As-You-Go Model
Konsumen membayar di depan sebagai biaya perangkat keras penghasil energi dan lalu membayar kredit untuk peningkatan servis yang dilanjutkan dengan membayara keseluruhan biaya sistem. Umumnya perusahaan energi membolehkan pembayaran dan kontrol sistem melalui telepon genggam. Selanjutnya, konsumen menjadi pemilik dari produk energi sehingga energi yang dihasilkan 100% milik pemilik. Keuntungannya adalah model ini meminimalisir biaya transkasi dan akomodasi konsumen. Ketidakuntungannya adalah perusahaan energi harus menyediakan 100% keuangan sehingga membutuhkan modal kerja.

Sumber: Implementation Strategies for Renewable Energy Services in Low-Income, Rural Areas oleh Athena Ballesteros, Emily Norford, Tom Nagle, Logan Yonavjak, SusAn Alzner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s