Seri Menantang Diri Sendiri: Menanam Tanaman Organik di Pekarang Rumah

Haiiiiii….🙂

Yak! Setelah sekian lama menjadi penunda malas yang tidak pernah merealisasikan keinginan-keinginan saya dan mendapati tak ada satupun mimpi saya yang terwujud, saya membuat daftar seri menantang diri sendiri. Inilah pernyataan perang terhadap diri saya sendiri. Hello sang penundaaaaa (ngomong sambil nunjuk diri sendiri di kaca), riwayat lo tamat hari ini!!

Oke, cukup dengan curhatan pribadi di atas. Alhamdulillah hari ini saya beraksi nyata dengan menanam tanaman organik di pekarangan pribadi. Well, it is really simple yet it makes me really happy. Langkah sederhana dan nyata untuk green movement dan siapa tahu dari sekedar menanam kangkung dan bayam bisa berkembang menjadi menanam cabe, tomat, sawi dan lainnya. Hehe

Berikut adalah media tanam yang saya siapkan dengan komposisi tanah merah dan sekam dengan perbandingan 2 : 1. Persiapannya hanya membutuhkan 10 menit. (Dan bayangkan saya sudah menunda melakukan ini selama 1 tahun. Astagfirulloh)

20150408_065510

Selanjutnya saya memotong sayuran kangkung dan bayam dari pasar dan mulai menanamkannya ke media tanam.

20150408_065918

20150408_070826

Mbak saya bilang kalau 10 hari saja sudah cukup hingga bayam dan kangkung bisa dipanen. InsyaAllah jika Allah berkehendak dan saya berusaha maksimal menjaga, 10 hari lagi akan ada tumis kangkung dan sayur bening bayam saya sajikan untuk keluarga saya. Aamiin…

Btw, berhubung saya sudah membahas tanaman organik. Saya tambahkan beberapa informasi ya. Berdasarkan penelusuran di Mbah Google, menamam tanaman organik di pekarangan pribadi sangatlah mudah dan sederhana. Kita bisa menanam cabe, sawi, kangkung, bayam, dan tomat. Kita juga tenang karena sayuran yang kita panen nantinya terjamin bebas dari pestisida. Yang tentunya akan menyehatkan kita dan keluarga tercinta. Selain itu, kegiatan menanam ini sungguh menyegarkan pikiran dan menjadi media gerak badan yang tidak menoton. So, yuk mulai menanam😀

Dan ini adalah sekilas pandang pekarangan rumah saya. Ada tanaman suluh yang bisa dijadikan obat dan tanaman anti nyamuk yang asliiiiiii berguna banget mengurangi populasi nyamuk di rumah. Haha

20150408_065640 20150408_065710

Leave a Reply

