Seri Menantang Diri Sendiri: Bikin Kue Bolu Kukus

Alhamdulillah di seri kedua menantang diri sendiri kali ini saya berhasil mewujudkan impian saya untuk membuat kue sendiri. Setelah ngebongkar gudang untuk mencari peralatan masak dan ke supermarket terdekat untuk membeli bahan kue, akhirnya sayapun membuat kue bolu kukus.

Awalnya saya mau bikin kue kukus ketan hitam tapi berhubung tepung ketan hitam di toko habis ya akhirnya beralih ke bolu kukus deh. Tak apalah, toh saya malah bernostalgia dengan kenangan masa kecil dimana almarhumah ibu dan saya bersama membuat kue bolu. Hehe.

Yak, jadi berikut adalah resep singkat kue bolu kukus:

Bahan:
1. 250 gram tepung terigu
2. 250 gram gula pasir
3. 2 telur ayam
4. 2 sendok teh SP
5. 1/4 sendok teh garam
6. 1/2 sendok teh vanili
7. 200 ml sprite

Cara membuat:
1. Campur semua bahan jadi satu. Kocok dengan mixer berkecepatan tinggi. Kalau tadi saya pakai mixer manual karena gak punya mixer listrik tapi tenang saja, hasilnya sama kok. Cuma siap-siap aja tangannya pegel. hehe

2. Bagi adonan yang sudah mengental, mengembang dan bercampur dengan baik ke 4 tempat dengan 1 wadah besar dan 3 wadah kecil. Di masing-masing wadah kecil, masukkan 2 tetes pewarna. Kali ini saya pakai pewarna merah, hijau, dan cokelat. Aduk hingga rata.
adonan bolu kukus

3. Masukkan adonan ke cetakan kue yang sudah dilapisi kertas kue. Kali ini saya bereksperimen sesuka hati dengan komposisi warnanya. Hahaha…
adona bolu kukus di cetakan kue

4. Masukkan cetakan kue ke dandang. Kukus selama 20 menit. Ingat, jangan pernah membuka dandang sebelum 20 menit ya. Nanti bolunya tidak berkembang sempurna.

Setelah merasa dag dig dug 20 menit, sembari menonton drama Jepang Nodame Cantabille, akhirnya kue bolu jadi. Alhamdulillah mereka mekar merona. Hehe ^^

Ini nih penampakannya:

bolu kukus

bolu kukus 2

Buat para pembaca, selamat mencoba yaaa🙂

Leave a Reply

