Seri Menantang Diri: Masak Kue Kukus Cokelat

Haaaiiii, selamat pagi semuanyaaa🙂

Kali ini saya menantang diri memasak kue kukus coklat. Saya mulai memasak jam 6 pagi dan selesai mengukus jam setengah 8 pagi. Benar-benar waktu memasak yang singkat ya. Hehe

Berikut bahan kue kukus cokelat:
1. 100 gram tepung terigu
2. 50 grama bubuk coklat
3. 5 gram susu kental manis
4. 1 sendok teh ovalet
5. 100 gram mentega leleh
6. 5 butir telur ayam
7. 100 gram gula pasir

Cara membuat:
1. Mixer elektrik atau manual telur ayam, ovalet, dan gula hingga tercampur dan mengembang

2. Masukkan tepung terigu, bubuk coklat, mentega leleh, dan susu kental manis. Mixer lagi hingga merata dan mengembang

adonan kue kukus coklat

3. Oleskan mentega leleh ke loyang kue agar kue tidak lengket

loyang kue kukus coklat

4. Tuang adonan ke loyang
5. Kukus selama 30 menit. Ingat, tutup dandang dengan kain bersih terlebih dahulu sebelum ditutup dengan tutup dandang. Hal ini untuk mencegah jatuhnya uap air di tutup dandang ke adonan yang akan membuat adonan tidak mengembang sempurna alias bantat.

kue kukus coklat

Karena saya tidak memakai penutup kain saat mengukus loyang, kue saya hasilnya tidak mengembang sempurna. Walau begitu alhamdulillah rasanya tetap enak dan bapak, ibu, dan kakak saya mau makan kuenya. Satu hal yang saya pelajari dari seri menantang diri ini adalah memasaklah dengan santai dan penuh cinta. Jangan terburu-buru misalnya seperti saya yang diburu waktu berangkat kerja. Hehee..

Leave a Reply

