Perjalanan tak terlupakan ke tanah Spanyol (H 4 di Madrid)

Lanjut dari postingan sebelumnya Perjalanan tak terlupakan ke tanah Spanyol (H 1-3 di Barcelona), gw mendapati diri gw menginap di bus yang terus melaju menuju Madrid. Saat itu pukul 2 pagi dan kali pertama gw menginap di bus di tanah berantah di luar negeri dengan dikelilingi orang-orang yang berbicara dengan bahasa Spanyol. Jadilah gw gak bisa tidur nyenyak =_=

Bus kami sampai sekitar jam 9 pagi. Kamipun beres-beres diri dulu di toilet stasiun: cuci muka dan sikat gigi. Sebelum jalan-jalan, kami menitipkan tas kami di locker terminal dengan membayar 3 euro. Murah lho dibanding harus nenteng tas backpack berat. haha.

Bagi gw pribadi, tourist attraction yang membekas di hati adalah Royal Palace of Madrid, Temple of Debod, Prado Museum, and KM0. Walau begitu kami tetap menelusuri Plaza Mayor, Plaza de Cibeles, Puerta del Sol (Gate of Sun), Gran Via, dan Retiro Park.

Selintas sejarah tentang Royal Palace of Madrid. Sebelum Royal Palace dibangun, area tersebut sebelumnya adalah Alcazar (banteng terdepan) yang dibangun oleh Muhammad I of Cordoba pada abab ke-9. Tapi seiring dengan melemahnya kerajaan Islam dan penaklukan oleh Christian kingdom, Alcazar beralih fungsi menjadi tempat tinggal Spanish royal family pada abad ke-14. Tapi, terjadi kebakaran hebat pada abad ke-17 sehingga di bekas tanah bangunan Alcazar, dibangun istana yang bisa kita lihat sekarang.

Royal Palace ini luar biasa besarnya. Terdiri dari 3000 ruang dan menjadi salah satu Palace terbesar di dunia. Tidak hanya besar, desain interior dan berbagai perabotan di dalamnyapun luar biasa detail dan mewah. I guess the architects and teams spent their entire life to create the design etc. Start from the chandelier, burgundy curtain, ceramic pots, various floral themes for the walls, and the paintings, just to mention a few. Unfortunately, they didn’t let us take picture during the trip to each room so here few some pictures of Royal Palace from outside and entrance.  Overall, we spent 3 hours. And we pay 6 euro (student price again).

This is the rooftop painting just above the entrance

Our we-fie in front of Royal Palace.

Setelah Royal Palace, kami menelusuri jalan menuju Temple of Debod. Saat gw tiba di sana, gw merasa Temple ini out of place banget. Not Spanish kingdom style at all. Ternyata setelah saya telusuri sejarahnya, Temple ini adalah kuil Mesir kuno yang dibongkar dan dibangun kembali di Madrid yang didedikasikan untuk Dewa Amun.

Seperti ini nih penampakan Temple of Debod saat musim winter.

Kami yang mulai kelaparan memutuskan untuk ke pusat kota di Puerta Del Sol yang terbukti benar-benar pusat kota karena ramai banget. Di sini ada penanda KM.O yang berarti titik acuan untuk menghitung ketinggian dan jarak di Madrid.

Langit sudah mulai gelap dan seperti inilah penampakan sore di Madrid dengan hiasan lampu yang indah.

Kami kembali melanjutkan perjalanan ke Prado Museum yang buka gratis dari pukul 7 sampai 9 malam. Di dalamnya terdapat ratusan lukisan dan patung dari berbagai pelukis. Sayangnya gw gak begitu tertarik dengan lukisan-lukisan. Jadi gw melihat-lihat aja sebagai seorang amatir. Ohya, kami dilarang untuk mengambil foto juga.

Dalamnya Prado Museum seperti ini.

Kira-kira saat sudah jam 9 malam, kami bergegas kembali ke terminal untuk mengambil tas kami. Kembali ke toilet untuk sikat gigi, cuci muka, berwudhu, dan solat di ruang locker. Lalu kami melanjutkan perjalanan ke stasiun dan menunggu bis hingga pukul setengah 2 pagi dimana kami akan naik bis menuju Granada.

Gw masih inget banget kalau kami terlampau lelah setelah jalan berkilo-kilo dengan sebelumnya tidak tidur nyenyak di bus, hingga akhirnya kami tidur terlalu pulas di bis menuju Granada. Before, we think that sleeping in the bus is not comfortable at all, but after walking all day in Madrid, the bus become a really comfortable place to sleep. haha.

Oke. Sampai ketemu di tulisan gw berikutnya ^^

One thought on “Perjalanan tak terlupakan ke tanah Spanyol (H 4 di Madrid)