Perjalanan tak terlupakan ke tanah Spanyol (H 5-6 di Granada)

Melanjutkan kisah Perjalanan tak terlupakan ke tanah Spanyol (H 4 di Madrid), kami tiba di Granada sekitar jam 6 pagi. Kami baru terbangun setengah jam sebelum sampai. Dan kami dengan kompaknya bertanya-tanya kenapa bus ini gak datang telat aja biar kami bisa tidur lebih lama di bus.

Well, kenyataannya bus kali ini on time dan kami tidak punya pilihan untuk menjalankan rutinitas gosok gigi dan cuci muka dan menunggu di terminal hingga bus mulai beroperasi. Sekitar jam 7, kami naik bus menuju hostel. Sayangnya kami belum bisa check-in sehingga kami hanya menitipkan tas dan lanjut naik bis menuju Albaicin. Padahal saat itu kami hanya ingin menempelkan wajah ke kasur. Sungguh kami masih terlalu lelah untuk jalan-jalan lagi.

Sebelum ke Albaicin, kami membeli roti dulu untuk mengganjal perut dan menikmati suasana kota Granada. Nuansa Granada sangat berbeda dengan kota besar seperti Barcelona dan Madrid. Di sini tidak ramai orang, rasanya tenang dan syahdu. Kami bisa dengan mudah melihat bukit Albaicin (bukit dengan perumahan yang desain yang sangat old town), bukit Alhambra Palace (tujuan utama kami di Granada), dan pegunungan Sierra Nevada yang menjadi lokasi favorit untuk ski. Granada terletak di pegunungan sehingga dinginnya sama saja seperti dinginnya winter di Stockholm, Swedia.

Kamipun naik bus menuju Albaicin. Busnya kecil seperti bus travel Jakarta-Bandung. Sementara bus-bus Barcelona dan Madrid seperti bus gandeng Trans-Jakarta. Dari bentuknya yang kecil dan tarikannya yang kuat, gw menduga kami akan menaiki bukit Albaicin hingga ke puncak. Selama perjalanan, mata kami dimanjakan oleh arsitektural old town Granada yang sangat apik dan rapi. Begitu sampai puncak, kami menikmati panorama view seperti foto di bawah ini dimana ada pegunungan Sierra Nevada.

Setelah puas menikmati pemandangan, kami memutuskan untuk turun menelusuri bukit. Ternyata oh ternyata, begitu kami hampir mencapai bawah bukit, terdapat pasar souvenir yang cukup ramai. Kamipun dengan semangat membeli beberapa souvenir. Hehe. Berikut penampakan pasar souvenirnya.

20161222_121640

Kami jalan kaki sampai hostel. Sebelum sampai hostel, kami bertemu dengan monumen seperti terlihat di gambar di bawah. Ternyata ini adalah monumen yang mengabadikan momen Christoper Colombus mengajukan proposal agar bisa mengarungi samudera untuk menemukan benua Amerika ke Ratu Isabella.

img-20161222-wa0000

Skip from that, alhamdulillah walau masih jam 12, kami sudah diperbolehkan untuk masuk kamar. Kamipun bergegas membersihkan diri dan tidur istirahat sampai malam tiba. Kira-kira pukul 6 sore, kami keluar untuk membeli makan. Kami dengan kompaknya membeli nasi dan ayam, mungkin kami sudah terlalu lelah dengan kebab. haha. Lagipula ayam ini bisa dijadikan bekal untuk trip ke Alhambra Palace esok hari. Kami juga iseng ke shopping center dan membeli sweater. Wkwk.

Keesokan hari, kami berangkat ke Alhambra sekitar pukul 7 pagi. Kami sudah membeli tiket sebelumnya dengan harga 15,4 euro (student price) dimana kami bisa masuk ke Alhambra Palace, General Life, Palace of Charles V, dan Alcazaba dari jam 8.30 hingga 2 siang. Kami sampai di pintu masuk Alhambra jam 7.30 pagi dan sudah ada banyak turis mengantri untuk mendapatkan limited on-the-spot ticket. Syukurlah kami sudah beli tiket online jadi tidak perlu mengantri. Setelah kami masuk, kami menelusuri taman-taman yang sangat indah dan terawat seperti tampak pada gambar.

Kami terus menelusurinya hingga sampai ke tempat terbuka. Kamipun masuk ke gedung terdekat dan mendapati gedung itu ternyata dulu berfungsi sebagai tempat mandi dan berwudhu. Berikut salah satu “kran” airnya.

Setelah puas melihat-lihat area wudhu, kami melanjutkan perjalanan ke Alhambra Palace. Overall from this Spain trip, Alhambra is the most memorable place for me. Maybe because I didn’t expect anything when I arrived here. Then, I was totally blown by the mesmerizing and magical arts from the Alhambra. All the walls is decorated with calligraphy that glorify Allah SWT. There is one calligraphy that I will not forget, as the massage is “There is no victor bu Allah SWT”.

A German philosopher wrote that ‘architecture is frozen music’. Never was this more exemplified than stucco decoration and calligraphy decoration in the Alhambra.

Here is some pictures. This is the hallway

This is one of the rooftop. Almost all rooftop has similar design like this.15675607_10207817761193308_3117711924374755337_o.jpg

We can see the calligraphy ornamented in upper part and stucco decoration in the bottom of the wall with incredible details.

After Alhambra, we continued our journey to Alcazaba which is just beside Alhambra palace. To make it simple, Alhambra is kingdom residential area while Alcazaba is a fortress for military function. So, Alcazaba design is not as magical as Alhambra. As I said before, the location of Alhambra area is in the top of the hill, so Alcazaba is a really strategic area as we can see people movement from the top of the hill. There are two main tower and we went to both of them. This is a glimpse of the Alcazaba:

From the top of Alcazaba tower

As we tired enough after spending 3 hours in Alhambra Palace and Alcazaba, we take a rest for a moment. We ate our chicken. But, it was still to much for us so we shared it with Alhambra cats. They are so picky! The cats only let us to touch them after we gave them many slices of chicken. Here is some cat pictures ❤ ❤

The dark one has a sharp eye right? ^^

While this one has a round eye ^^IMG-20161223-WA0018.jpg

Then, we continued to Palace of Charles V. The Palace was built after Spanish kingdom conquered Islamic kingdom. As they want to create place to stay, they built this palace. For me personally, I fell like this palace is out of place due to totally different style in architecture with Alhambra. They are like 2 different entities. Even so, the building is still great and here is the picture of inside the palace.

Tired enough, we walked to the General Life, a exquisite garden made by Islamic kingdom. They made it to refresh their mind. The garden style is totally similar with garden type in Middle East. So, we thought they built this garden as a remembrance for every time they miss their original land. Here is some pictures of General Life.

Finally at 3 PM we finished our trip to Alhambra. We went back to the hostel and took some rests as tomorrow in early morning we continued our journey to Malaga.

See you in the next writing ^^